PROPOSAL
SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA
ZONE DISTRO
BERBASIS ONLINE
(TUGAS RISET TEKNIK INFORMASI)
DOSEN
PENGAMPU : DIAN NOVIANTI, M. KOM
OLEH
:
FATHUROHMAN
151601004
TEKNIK
INFORMATIKA
SEKOLAH
TINGGI ILMU MANAJEMEN DAN KOMPUTER
WEB
INFORMATIKA TEKNOLOGI
2018
Cirebon,
31 Mei 2018
Hal : Proposal
Kepada Yth,
Bapak / Ibu Pimpinan “Zone Distro”
Di tempat
Dengan
Hormat,
Puji syukur dan syukur
kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa. Karena lindungan dan hidayahnya kita
bisa melakukan berbagai inovasi teknologi dalam pengembangan sebuah sistem. Ucapan
terima kasih kepada Zone Distro yang telah memberikan kesempatan untuk
pengajuan proposal dalam proses sistem informasi penjualan pada Zone Distro
berbasis online.
Zone
Distro adalah toko di Cirebon yang menjual pakaian dan aksesories. Untuk pengembangan
pelayanan konsumen yang lebih baik, terintegritas, cepat dan menarik banyak
konsumen diperlukan sebuah sistem yang dapat memudahkan konsumen dalam hal
informasi harga, penjualan secara online, dan promosi produk yang dipasarkan
menjadi lebih luas, efisiensi dan tepat sasaran.
Berdasarkan
perkembangan sistem yang ada saat ini di Zone Distro terutama pada bagian
promosi dan transaksi penjualan. Maka, kami akan mengembangkan sebuah aplikasi
sistem informasi penjualan tersebut kami menggunakan bahasa pemrograman PHP,
dengan database Mysql dan Dreamweaver.
Demikian
proposal pengembangan sistem informasi yang kami ajukan, jika Bapak / Ibu
mengizinkan proposal kami, kami menunggu kabar dari Bapak / Ibu melalui email atau
telepon yang sudah tertera. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima
kasih.
Hormat
kami
DAFTAR ISI
1.
LATAR BELAKANG .................................................................................... 1
2.
IDENTIFIKASI MASALAH ......................................................................... 2
3.
RUANG LINGKUP ........................................................................................ 2
4.
RUMUSAN MASALAH ................................................................................ 4
5.
KEUNTUNGAN SISTEM .............................................................................. 4
6.
JADWAL PROYEK PEMBUATAN ............................................................. 4
7.
SUMBER DAYA MANUSIA ........................................................................ 5
8.
RENCANA KERJA ........................................................................................ 6
8.1 Analisis Struktur Organisasi ................................................................. 6
8.2 Analisis Prosedur .................................................................................. 7
8.3 Analisis Dokumen ................................................................................. 9
8.4 Analisis Perangkat Lunak ................................................................... 10
8.5 Analisis Perangkat Keras .................................................................... 10
8.6 Analisis Pembayaran ........................................................................... 11
9.
KELAYAKAN HUKUM ............................................................................. 11
10.
KESIMPULAN ........................................................................................... 11
1. LATAR BELAKANG
Pesatnya perkembangan teknologi pada
era sekarang ini sangat menarik untuk mengembangkan teknologi yang sifatnya
flexibel. Harapan tersebut muncul karena dari banyaknya pengguna teknologi,
dimana salah satunya menggunakan layanan fasilitas internet untuk menyampaikan
informasi yang siap dalam penyajiannya. Selain itu memiliki keunggulan yang
telah disebutkan, penggunaan fasilitas internet seperti email, chatting,
informasi, social network, berita dsb juga tergolong murah untuk dinikmati oleh
setiap penggunaanya. Dapat kita bayangkan hanya dengan mengikuti satu situs
berorientasi informasi-informasi global, kita dapat menyimak berita-berita
terbaru mengenai perkembangan dunia yang terus berkembang. Faktor tersebut
disebabkan karena internet dapat berpendapat terhadap perubahan data yang
dimasukkan oleh penggunanya.
Teknologi informasi telah memberikan
kontribusi yang cukup berarti dalam meningkatkan kegiatan usaha khususnya dalam
hal pengolahan data yang memberi dukungan terhadap pengambilan
keputusan-keputusan bisnis serta Perkembangan teknologi informasi telah
memberikan kontribusi yang cukup berarti dalam meningkatkan kegiatan pelayanan.
Berdasarkan pada uraian diatas pemanfaatan teknologi informasi dalam suatu
aktivitas bisnis merupakan hal yang cukup penting. Begitu
pentingnya hampir setiap perusahaan yang serupa menggunakan sistem pelayanan
bisinis secara online.
Oleh karena itu , Kami mengucapkan
terimakasih yang telah diberikanya kesempatan guna membuat sebuah sistem
informasi Penjualan pada suatu Distro secara Online. Dengan adanya system ini kami
berharap bisa membantu dalam penyampaian informasi barang yang terdapat di
distro tersebut yang mengikuti sistem informasi global guna mendukungan aktif
kelancaran usaha penjualan barang. Selain itu dalam pembuatan sistem ini Kami
menggunakan Microsoft Windows XP professional dengan software pembuatan laporan
masih menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel. Sedangkan untuk pembuatan
coding program menggunakan Dreamweaver dan Mysql untuk database.
2. IDENTIFIKASI
MASALAH
Berdasarkan observasi yang dilakukan
di Zone Distro terhadap sistem informasi penjualan barang, dikemukakan hal-hal
yang menjadi permasalahan antara lain :
- Masih ditemukannya kelemahan dalam penyampaian informasi barang yang terdapat di distro tersebut.
- Transaksi penjualan barang masih bersifat manual, dalam artian harus dating ketempat tersebut untuk membeli sesuatu.
- Mengikuti
sistem informasi global sehingga bukan hanya untuk sarana transaksi tetapi
lebih ditekankan pada sarana promosi yang dirasakan masih kurang bagus.3. RUANG LINGKUP
Adapun metode yang digunakan dalam
pembuatan sistem ini adalah :
1. Metode Penelitian, yaitu :
a. Observasi
Yaitu merupakan sutau teknik pengumpulan data yang
efektif untuk mempelajari sistem, dengan cara mengamati langsung objek
penelitian yaitu di suatu distro di kota bandung.
b. Wawancara
Yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan cara tanya
jawab langsung mengenai data yang diperlukan dari masalah yang akan diangkat.
c. Studi
Literatur
Yaitu teknik pengumpulan data dengan membaca buku-buku
pustaka yang merupakan penunjang dalam memperoleh data untuk melengkapi dalam
penyusunan laporan yang berhubungan dengan masalah yang dibahas.
2. Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Metode yang digunakan yaitu paradigma Waterfall
(Classic Life Cycle), untuk lebih jelasnya tahapan dari paradigma Waterfall ini
adalah :
a. System
Engineering (Rekayasa Sistem), merupakan kegiatan untuk menentukan informasi
apa yang dibutuhkan oleh sistem atau menentukan kebutuhan-kebutuhan dari sistem
yang akan dibuat.
b. Analisys
System (Analisis Sistem), dilakukan untuk memperoleh informasi tentang sistem,
menganalisis data – data yang ada dalam sistem yang berhubungan dengan kegiatan
pencurian kendaraan bermotor. Informasi yang dikumpulkan terutama mengenai
kelebihan dan kekurangan sistem.
c. Design
(Perancangan), merupakan perancangan sistem baru berdasarkan data-data yang
telah dikumpulkan pada tahap sebelumnya dengan cara merancang perangkat lunak
diantaranya Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship
Diagram (ERD), Data Dictionary (Kamus Data), Struktur File, Struktur Menu,
Merancang input dan rancangan Output.
d. Coding
(Pengkodean), yaitu suatu kegiatan untuk membuat program atau
mengimplementasikan hasil rancangan program aplikasi yang didalamnya memuat
pengkonversian data kedalam sistem yang baru dan pengkonversian sistem secara
berkala termasuk dalam hal pemeliharaan sistem itu sendiri.
e. Testing
(Pengujian), yaitu kegiatan untuk melakukan pengetasan program yang sudah
dibuat, apakah sudah benar atau belum, sudah sesuai atau belum diuji dengan
cara manual jika testing sudah benar maka program boleh digunakan.
f. Maintenance
(Perawatan), yaitu merupakan suatu kegiatan untuk memelihara program aplikasi
yang telah dibuat, agar keutuhan program dapat terjaga seperti validasi data,
updating data, dan menjaga program dari serangan virus, orang yang tidak berhak
yang dapat merusak program.
4. RUMUSAN MASALAH
Masalah yang ada dalam sistem
informasi penjualan barang Zone Distro ini dibatasi pada ruang lingkup seperti
:
a. Data yang
diolah hanya data barang dan data Pengguna Sistem Informasi (Pengguna transaksi
secara online)
b. Sistem hanya
memberikan informasi barang yang tersedia dan proses pembelian barang tersebut
.
c. Sistem
Informasi yang dibangun tidak menggunakan Topologi jaringan.
d. Sistem ini
tidak membahas mengenai masalah persediaan barang.
e. Pembayaran
transaksi dilakukan secara offline, dimana pembeli melakukan transfer uang
secara manual pada rekening yang ditetapkan.
5. KEUNTUNGAN
SYSTEM
a. Konsumen
dapat secara langsung berkonsultasi tentang barang yang akan di beli kepada
kasir.
b. Pelanggan
dapat melakukan tawar menawar harga sebelum membeli barang yang diinginkan.
c. Terjadinya
penipuan pembelian barang yang dilakukan oleh konsumen sanga jarang terjadi.
6. JADWAL
PROYEK PEMBUATAN
Untuk merealisasikan pekerjaan Pengembangan Sistem
Informasi Penjualan pada Zone Distro secara Online dengan pengaturan waktu
berikut ini :
Catatan :
-
Pada setiap awal kegiatan, jadwal yang lebih rinci
akan didiskusikan di antara para anggota tim.
-
Pada setiap akhir kegiatan, laporan kemajuan akan
disiapkan oleh pimpinan tim untuk memberikan gambaran tentang status proyek
kepada pihak-pihak yang berkepentingan
7. SUMBER DAYA MANUSIA
Untuk melaksanakan proyek
perangkat lunak disiapkan SDM 6 orang dengan peran rangkap seperti dalam tabel
di bawah ini.
8. RENCANA
KERJA
Untuk mendapatkan hasil yang
maksimal dalam pembuatan sistem ini, maka disusun langkah-langkah yaitu :
8.1. Analisis Struktur Organisasi
Adapun tugas atau wewenang dari
masing – masing bagian dari struktur organisasi diatas sebagai berikut :
1. Manajer
a. Mengkoordinasikan
semua kegiatan perusahaan dan mengawasi secara tidak langsung pelaksanaan
kegiatan perusahaan apakah sesuai dengan apa yang ditetapkan.
b. Memberikan
pembinaan serta pengarahan kepada para bawahannya dalam pelaksanaan ketentuan
pokok perusahaan serta berusaha menjaga terciptanya hubungan kerja yang
harmonis diantara sesama karyawan.
c. Manajer
merupakan seseorang pembuat kebijaksanaan (polici maker) dan pengambil
keputusan (deciosen maker) secara cepat dan tepat dalam mengendalikan
perusahaan.
2. Bagian
Persediaan Barang (Gudang)
a. Mengadakan
Pemeriksaan dan melakukan pengawasan terhadap gudang-gudang, diantaranya :
a)
Stock T – Shirt
b)
Stock Cd music
c)
Stock Jacket (Sweater)
d)
Stock Poster
e)
Stock Topi
b. Melakukan
pengawasan terhadap barang yang masuk dan barang yang keluar dari gudang,
sehingga stock barang dapat diketahui dengan jelas.
3. Bagian
Penjualan
a. Melakukan
transaksi penjualan terhadap konsumen secara langsung.
b. Menerima
pemesanan barang yang dilakukan oleh konsumen.
c. Bertanggung
jawab terhadap keluarnya barang hasil penjualan yang telah dilakukan.
d. Membuat
faktur pembelian dari konsumen untuk diberikan kepada bagian administrasi
sebagai acuan pembuatan laporan penjualan.
4. Bagian
Administrasi
a. Menyelenggarakan
aktifitas administrasii keuangan secara tertib dan dapat dipertanggung
jawabkan, memberikan pembinaan dan pengarahan kepada bawahannya mengenai
pelaksanaan tehnik dalam bidang administrasi dan keuangan.
b. Membantu
manajer dalam mengawasi pelaksanaan anggaran yang telah ditetapkan serta
membuat laporan atas penyimpangan-penyimpanag.
c. Secara
periodik membuat laporan biaya-biaya yang didukung oleh bukti yang sah tentang
posisi keuangan, menyelenggarakan pengarsipan dokumen-dokumen pembukuan dengan
tertib dan teratur, mengatur pembagian tugas para bawahan, mengkoordinir, serta
mengawasi pelaksanaannya.
5. Bagian
Produksi
a. Melakukan
pengawasan terhadap produksi barang yang dilakukan secara teratur dan tertib.
b. Melaksanakan
kegiatan produksi yang telah ditentukan oleh manajer.
c. Bertanggung
jawab terhadap barang yang diproduksi sepenuhnya apbila terdapat kesalahan –
kesalahan produksi.
d. Melakukan
pencatatan terhadap barang – barang yang diproduksi setiap bulannya untuk
diberikan kepada manajer sebagai acuan pengambilan keputusan.
8.2.
Analisis Prosedur
Prosedur system penjualan berjalan
tersebut, dapat dijelaskan melalui alur kerja berdasarkan entitas yang terdapat
pada prosedur di atas sebagai berikut :
1. Konsumen
Dengan aktivitas sebagai berikut :
a. Memberikan
data pemesanan barang yang diinginkan secara langsung ke bagian penjualan
b. Jika barang
yang di pesan tersedia maka pelanggan langsung membayar barang tersebut dan
akan mendapatkan barang pesanannya beserta bukti pembelian
c. Apabila
barang yang dipesan tidak tersedia maka konsumen akan mendapat komfirmasi atau
pemberitahuan bahwa barang yang dipesan tidak tersedia di took tersebut.
2. Bagian
Penjualan
Dengan aktivitas sebagai berikut :
a. Mendapat
dokumen berupa data pemesanan dari konsumen
b. Memberikan
konfirmasi kepada konsumen tentang barang yang dipesan
c. Jika barang
yang dipesan tersedia dan telah melakukan transaksi penjualan, maka bagian
penjualan membuat faktur penjualan untuk diberikan pada bagian administrasi.
3. Bagian
Administrasi
Dengan aktivitas sebagai berikut :
a. Memvalidasi
faktur penjualan yang diajukan oleh bagian penjualan
b. Menginput
data penjualan yang kemudian disimpan kedalam database penjualan
c. Membuat
laporan penjualan yang akan diberikan kepada manajer.
4. Manajer
Dengan aktivitas sebagai berikut :
a. Menerima
laporan penjualan yang telah dibuat oleh bagian administrasi
b. Menandatangani
laporan penjualan tersebut yang kemudian dijadikan arsip.
8.3.
Analisis Dokumen
Analisis dokumen adalah analisis
yang dilakukan terhadap dokumen yang ada pada system yang berjalan, hal ini
dilakukan untuk mengetahui isi tentang informasi yang akan disampaikan oleh
dokumen tersebut, yaitu :
1. Data
Pemesanan
Sumber : Bagian Penjualan
Tujuan : Bagian Administrasi
Fungsi : Mencatat transaksi penjualan barang
Isi : No_faktur, Nama, Alamat, Telp, Tanggal,
kode_barang, Nama_barang, Jumlah, Harga_satuan, Total.
Copy : 1 Rangkap
2. Data Barang
Sumber : Bagian Gudang (Persediaan Barang)
Tujuan : Bagian Penjualan
Fungsi : Pencatatan data barang yang terjual
Isi : Kode_barang, Nama_barang, Tipe_barang,
Stock_barang, Harga_barang,
3. Faktur
Penjualan
Sumber : Bagian Penjualan
Tujuan : Bagian Administrasi
Fungsi : Bukti / Nota Penjualan barang
Isi : No_faktur, Nama_pembeli, Alamat_pembeli,
Kode_barang, Nama_barang, Tanggal_pembelian, Jumlaha_barang, Harga_total.
Copy : 2 Rangkap
4. Laporan
Penjualan
Sumber : Bagian Administrasi
Tujuan : Manajer Perusahaan
Fungsi : Memeriksa semua transaksi penjualan yang
telah dilakukan untuk dijadikan bahan pembuat keputusan manajer.
Isi : No_faktur, Nama_pembeli, Alamat_pembeli,
Kode_barang, Nama_barang, tanggal_pembelian, jumlah_barang, Harga_satuan,
Harga_total.
Copy : 2 Rangkap
8.4.
Analisis Perangkat Lunak
Perangkat lunak yang digunakan oleh
suatu sistem informasi belum dapat digunakan secara optimal, apabila software
itu tidak mampu secara khusus melayani kebutuhan sistem. Sistem operasi yang
digunakan pada tempat tersebut yaitu : Microsoft Windows XP professional dengan
software pembuatan laporan masih menggunakan Microsoft Word dan Microsoft
Excel. Sedangkan untuk pembuatan coding program menggunakan Dreamweaver dan
Mysql untuk database.
8.5.
Analisis Perangkat Keras
Perangkat keras yang digunakan pada
suatu instansi atau perusahaan yang digunakan sebagai media untuk menerapkan
sistem sangat berpengaruh pada efisiensi dan efektivitas kinerja suatu sistem tersebut,
adapun pada sistem yang berjalan hardware Dengan spesifikasi sebgai berikut :
1. Processor Pentium III 500 Hz
2. Memory (RAM) 64 MB
3. Harddisk 10 GB
4. 3 ½ Floppy Disk
5. CD Room 52x
6. Monitor 15’’
7. Printer
8.6.
Analisis Pembayaran
Proses pembayaran pada umumnya dilakukan dengan
beberapa cara, antara lain :
1. Tunai :
yaitu pembayaran dilakukan secara langsung di tempat pembelian (transaksi),
dimana ketika pembeli mendapatkan barang yang diinginkan maka pembeli langsung
membayar barang tersebut.
2. Transfer :
yaitu pembayaran dilakukan sengan cara pentransferan uang ke bank yang telah
ditentukan, diaman pembelian biasanya dilakukan melalui pemesanan via telepon.
Setelah pihak toko menerima bukti transfer yang dikirim lewat fax maka barng yang
telah dipesan akan segera dikirim ke alamat yang telah ditentukan.
2.
KELAYAKAN
HUKUM
Secara hukum, sistem yang kami buat seluruh perangkat
baik software maupun hardware dan analisa yang termasuk prosedur-prosedur yang
akan digunakan tidak menyalahi ketentuan yang berlaku di negara Indonesia serta
ketentuan perusahaan.
3.
KESIMPULAN
Setelah melakukan analisis terhadap system yang sedang
berjalan tersebut, ditemukan beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan
dijadikan sebagai bahan evaluasi sistem didalam perancangan sistem tersebut,
yaitu :
1. Kelebihan :
a. Konsumen
dapat secara langsung berkonsultasi tentang barang yang akan di beli kepada
kasir.
b. Pelanggan
dapat melakukan tawar menawar harga sebelum membeli barang yang diinginkan.
c. Terjadinya
penipuan pembelian barang yang dilakukan oleh konsumen sanga jarang terjadi.
2. Kekurangan :
a. Belum tersedianya
suatu pelayanan kepada pelanggan yang memberikan kemudahan untuk mengetahui
produk – produk terbaru yang dikeluarkan.
b. Belum
tersedianya pemesanan barang secara online melalui internet, sehingga
memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi pembelian.
c. Sarana
promosi barang masih dilakukan melalui media tulis seperti brosur dan iklan
mini pada koran.
d. Pemesanan
produk yang dilayani hanya pada jam kantor saja.
Dari permasalahan tersebut maka
harus dibuat suatu sistem yang dapat memberikan layanan transaksi secara nyaman
bagi konsumen, dalam memberikan informasi tentang harga maupun produk terbaru
yang tersedia lebih cepat dan mudah untuk didapat. Sistem tersebut pun harus
memberikan kemudahan kepada konsumen untuk melakukan transaksi pembelian dimana
saja dan kapan saja secara online, sehingga diharapkan dapat meningkatkan
penjualan dengan efisiensi dan cakupan pasar yang lebih luas.
LINK PDF
Proposal Sistem Informasi Penjualan Pada Zone Distro Berbasis Online
Reviewed by fathurohman-blog
on
00.18
Rating:
Tidak ada komentar: